'Til The River Runs Dry: One Woman's Journey

'Til The River Runs Dry: One Woman's Journey

Ujian Nasional Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari, sehingga dapat diraih cita citanya yaitu .....

Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari, sehingga dapat diraih cita citanya yaitu .....

Jawaban:

YAITU IKRAR SUMPAH PEMUDA

Penjelasan:

Sumpah Pemuda adalah bentuk kesepakatan para pemuda dan pemudi Indonesia yang terkumpul dalam sebuah organisasi atau perhimpunan. Sumpah Pemuda lahir pada momen Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928. Tujuan Sumpah Pemuda adalah menciptakan persatuan dan kesatuan antar pemuda Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan.

Tujuan Sumpah Pemuda adalah membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk melawan, mengusir, dan menentang para penjajah.

Tujuan sumpah pemuda antara lain:

  1. Tujuan Sumpah Pemuda adalah membuat kokoh dan tebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  2. Tujuan Sumpah Pemuda adalah memperluas usaha-usaha dan kegiatan agar tercapainya kemerdekaan Indonesia.
  3. Tujuan Sumpah Pemuda adalah menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu.
  4. Tujuan Sumpah Pemuda adalah melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia.

ISI IKRAR SUMPAH PEMUDA

  • Isi Pertama

“Pertama: Kami Poetra dan Poetri Indonesia, Mengakoe Bertoempah darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah yang Satu, Tanah Indonesia).”

  • Isi Kedua

“Kedua: Kami Poetra dan Poetri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putran dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa yang Satu, Bangsa Indonesia).”

  • Isi Ketiga

“Ketiga: Kami Poetra dan Poetri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).”

maaf klo salah kak, jadikan jawaban tercerdas yaa...

semoga membantu

[answer.2.content]